Blogger Yogyakarta Bersatu, Bersama dan Bergerak Perang Melawan Penyalahgunaan Narkoba

Pada tanggal 5 Desember 2018 lalu Blogger Jogja diundang oleh BNN Sleman dalam acara Forum Komunikasi BNN di Innside Hotel by Melia, Maguwoharjo Yogyakarta.

Acara dibuka sekaligus materi pertama tentang bahaya narkoa disampaikan langsung oleh Kepala BNN Kabupaten Sleman, Ibu Siti Alfiah , S.Psi., SH., MH. Beliau menyampaikan materi mulai dari mitos dan fakta terkait narkoba. Saya baru tau ternyata semua narkoba itu berbahaya dan efeknya bisa mempengaruhi lingkungan sekitar dan keluarga.

Indonesia saat ini sedang darurat narkoba, faktanya pada tahun 2017 menurut hasil survey dari BNN dan Universitas Indonesia menunjukan bahwa jumlah penyalahguna narkoba sebesar 3,3 Juta orang, dengan kematian akibat overdosis 30 orang setiap harinya, pada 34 Provinsi di Indonesia. Miris, di Sleman sendiri pada tahun 2017 penyalahguna narkoba menururun 1,19% prevalensi dari 60.182 penyalah guna, masih di angka yang cukup besar. Semakin buruk bahwa faktanya DIY peringkat pertama penyalahguna dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Bayangkan generasi penerus sleman banyak yang menyalahgunakan narkoba.

Peta Daerah Rawan Narkoba di Yogyakarta. Sumber : BNN Sleman

Data Kecenderungan Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba 2016. Sumber: BNN.

Melihat hal tersebut begitu pentingnya menulis tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena kita sebagai influencer dalam hal ini blogger, buzzer, YouTuber bisa berperan dalam hal-hal yang positif demi menjaga keutuhan bangsa. Kita harus memahami golongan narkoba, efek narkoba, dampak kerusakannya pada tubuh kita, hingga ciri-ciri orang yang terinfeksi narkoba. Sebagai masyarakat kita harus mengerti penanganan permasalahan narkoba, mempelajari modusnya, agar bisa turut melakukan pencegahan.

Begitulajh materi yang kami dapatkan pada hari itu, untuk Dokumentasi saya lampirkan kiriman pada instagram saya dibawah ini.



Sebuah kiriman dibagikan oleh Muhammad Iqra (@iqbon) pada


Mari sama-sama perangi narkoba!


Komentar